Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapolda Sumut Bersama Presiden Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan dan 4 KMP di Danau Toba

PortalSumatra.Com, Toba - Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Kapolda Sumut) terlihat kompak bersama orang nomor satu di Indonesia (Presiden RI) dalam rangka meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat Kapal Motor Penumpang (KMP) di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut), Rabu (2/2/2022).

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M. Si dampingi Presiden RI Joko Widodo dalam rangka meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat KMP di Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba.

Tujuh Pelabuhan tersebut yakni, pelabuhan Ajibata, Balige di Kabupaten Danau Toba, pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungu, pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, pelabuhan Marbun Toruan atau Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara dan pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Selain meresmikan pelabuhan, Presiden Jokowi juga memberikan empat KMP di Dermaga Pelabuhan Ajibata. Empat kapal motor tersebut terdiri dari kapal motor penyeberangan Pora-pora memiliki kapasitas sebanyak 180 penumpang dan 21 kendaraan. Kapal motor penumpang Kaldera Toba, berkapasitas sebanyak 152 penumpang dan 15 kendaraan. Dan Bus Air yaitu Asa-asa 150 penumpang serta Bus Air Jurung-jurung 150 penumpang.

Pelabuhan tersebut diharapkan dapat mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Selain itu, pelabuhan penyeberangan dan KMP dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari

"Hari ini 7 pelabuhan penyeberangan di kawasan Danau Toba sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujar Jokowi.

Kapolda Sumut, Gubernur Sumut, dan Pangdam I/BB hadir mendampingi Presiden RI dalam setiap rangkaian kegiatan selama kunjungan kerjanya di Sumut.

Post a Comment for "Kapolda Sumut Bersama Presiden Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan dan 4 KMP di Danau Toba"