Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan Amblas, Jalinsum Sibuhuan Rohul Padang Lawas Macet Panjang

PortalSumatra.Com, Padang Lawas - Jalan Lintas Sumatra (jalinsum) amblas terjadi di Desa Pagaran Dolok, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatra Utara (Sumut), Kamis (7/4/2022) petang. Akibat dari amblasnya jalan tersebut menimbulkan kemacetan panjang.

Kondisi lalulintas macet karena adanya mobil yang terpuruk di lokasi jalan yang macet.

Kondisi lalulintas kembali normal setelah Kepolisi Satuan Lalulintas Polres Palas dibantu oleh masyarakat yang bergotong royong membuat jembatan darurat dari batang kelapa di jalan yang amblas.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Palas, AKP Alfian Arbi, SH melalui Kapos Lantas Sosa, Aiptu Kasija menjelaskan, awal kejadian saat mobil truk bermuatan melintas di jalinsum tepatnya di perbatasan antara desa Parmainan dengan Pagaran Dolok. 

"Pada saat truk melintas tiba-tiba jalannya amblas sehingga badan jalan tertutup," ujar Kasija.

Kemudian petugas Kepolisian dibantu masyarakat berupaya menarik truk kemudian membuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa agar lalulintas tidak terganggu.

"Setelah truk dapat ditarik dan dibuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa, kondisi lalulintas kembali normal dengan sistim buka tutup," kata Kasija.

Dirinya mengimbau agar para pengemudi kenderaan agar tetap ekstra hati-hati mengingat kondisi jalinsum khususnya yang dari Sibuhuan menuju Rohul Riau, kondisi jalannya berlubang dan ada beberapa titik yang longsor.

Saat ini Satuan Lalulintas Polres Palas berkoordinasi dengan Dinas PU Kabupaten Palas agar secepatnya berkordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sumut untuk segera memperbaiki jalan yang longsor atau amblas.

Sementara itu salah satu sopir yang setiap harinya melintas, Oloan Nasution mengatakan, pemerintah secepatnya memperbaiki jalan yang amblas.

"Jalan yang amblas di Kecamatan Hutaraja Tinggi saat ini ada 2 titik yang amblas," ujar Oloan Nasution.

Selanjutnya mengatakan banyak jalan yang berlubang, tentunya sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Oloan berharap agar adanya perhatian serius, baik itu dari Pemerintah Kabupaten Palas maupun dari provinsi Sumut.

Post a Comment for "Jalan Amblas, Jalinsum Sibuhuan Rohul Padang Lawas Macet Panjang"